Kamir R. Brata's Blog


Biopori di Grobogan
Wednesday February 15th 2012, 2:40 pm
Filed under: Biopori di Daerah

25 Januari 2012

BLH Siapkan 160 Biopori untuk Kota Purwodadi

GROBOGAN- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Grobogan telah menyiapkan 160 alat biopori di tahun 2012 ini, yang nantinya akan dipasang di lingkungan Kota Purwodadi. Biopori tersebut akan diserahkan kepada masyarakat, supaya dipasang di pekarangan rumah sebagai upaya optimalisasi resapan dan mengurangi genangan air.

’’Kalau kegiatan secara khusus mengenai biopori, di  2012 ini tidak ada. Tetapi kami telah mendapat bantuan dari Pertamina sebanyak 100 alat biopori dan masih memiliki 60 alat sisa tahun kemarin,’’ kata Sekretaris sekaligus Plt (Pelaksana Tugas) Kepala BLH Grobogan Nugroho Agus Prastowo SH MH, Selasa (24/1).

Diakui, jumlah bantuan alat biopori yang akan diserahkan ke masyarakat tersebut masih kurang banyak. Namun dia berharap, pemasangan 160 alat penyerapan air itu sebagai sebuah embrio kesadaran  warga untuk lebih peduli lingkungan dengan memanfaatkan biopori.

’’Dengan dipasang biopori, maka air di permukaan tanah lebih mudah terserap ke bawah. Sehingga, cadangan air di lingkungan tersebut terjaga dan mencegah banjir. Selain untuk penyerapan air, biopri dapat juga berfungsi sebagai tempat pengomposan sampah organik. Oleh sebab itu, kami berharap dapat dipasang di semua hunian warga, terutamanya perumahan- perumahan sebagai tempat tangkapan air,’’ imbuhnya.

160 alat biopori yang akan dipasang di Kota Purwodadi berdiameter 20 sentimeter dan panjang 120-200 sentimeter. mengenai panjang alat tersebut, disebutkan Agus bervariatif, disesuaikan kondisi tanah yang akan dipasangi biopori.

’’Kami berharap ada kegiatan khusus dan anggaran khusus untuk pemasangan biopori. Kalau satu rumah saja memasang biopori di pekarangan masing-masing, maka air akan cepat mudah meresap, dan dapat risiko banjir dapat ditekan,’’ ungkapnya. (K11-14) http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/25/174736/BLH-Siapkan-160-Biopori-untuk-Kota-Purwodadi


No Comments so far
Leave a comment



Leave a comment
Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>