Kamir R. Brata's Blog


Rumah Sakit Hasan Sadikin targetkan 1000 LRB
Tuesday July 20th 2010, 9:57 am
Filed under: Uncategorized

Biopori Upaya me-reduce limbah RSHS

Tak banyak yang ngeuh betapa banyaknya sampah yang dihasilkan RSHS sehingga memerlukan pengolahan yang smart. Dari limbah bekas makanan pasien saja, RSHS menghasilkan 400-500 kg/hari. Belum lagi ditambah limbah anorganik dan limbah medisnya. Menyiasati hal itu, agar tidak menjadi penyumbang global warming, Instalasi Kesling RSHS berupaya mengurangi atau me-reduce sampah dengan beberapa hal, salah satunya dengan membuat Lubang Resapan Biopori (LRB).
LRB adalah lubang silindris yang dibuat dari permukaan tanah dengan diameter sekitar 10-30 cm dan kedalaman sekitar 1 m. Hingga kini RSHS telah memiliki 300 LRB dengan target 1.000 LRB diakhir 2010. LRB berfungsi me-reduce sampah dengan cara memasukkan daun-daun kering ke LRB, lalu mengkomposkan. Setelah 3 bulan dikeluarkan, dan hasilnya dapat digunakan sebagai pupuk bagi taman-taman yang ada di RSHS.


No Comments so far
Leave a comment



Leave a comment
Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>